Keunikan Daerah dari Kota Merauke, kota kecil nan indah


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Hello friends? Senang bertemu kalian lagi dengan blog buatan saya ^^. Kali ini saya akan membahas tentang daerah kelahiran saya, yaitu Kota Merauke. Kabupaten Merauke adalah salah satu kabupaten di Provinsi Papua. Nah, Merauke ini kabupaten terluas di seluruh Indonesia lho. Selain yang terluas di seluruh Indonesia, Merauke juga termasuk wilayah indonesia yang paling timur, kebayangkan jauhnya gimana??? >_<

Tidak hanya itu, Merauke pun punya berbagai keunikan daerah, budaya dan ciri khas tersendiri. Berikut ini adalah contoh-contohnya:

1.      Keunikan Kota Merauke



Sarang/rumah semut atau yang biasa di sebut Musamus oleh masyarakat lokal adalah keunikan yang bisa menjadi ciri khas Merauke juga. Sebenarnya sarang ini di huni oleh rayap dan bukan semut seperti namanya. Nah, Musamus ini dijadikan sebagai lambang Kabupaten Merauke lho teman-teman. Unik kan? Tak hanya itu sarang semut ini bisa dijadikan obat dan banyak manfaatnya, sarang semut ini hanya ada di Merauke.

2.      Budaya Kota Merauke

-        Tari Yospan adalah salah satu tarian adat Merauke, yang juga merupakan tarian persahabatan antar masyarakat Papua.


-        Tari Perang adalah tarian adat yang dilakukan pada saat upacara-upacara adat tertentu

.

-        Tari Gatsi adalah tarian adat yang dilakukan pada saat upacara-upacara adat dan tari Gatsi ini merupakan tarian adat dari suku marind, yang mana suku marind adalah suku asli dari Kota Merauke.


3.      Ciri Khas Kota Merauke

-        Papeda adalah makanan khas dari Papua, yang berbahan dasar dari tepung sagu dengan ikan tongkol kuah kuning dengan di tambah kangkung yang di campur bunga pepaya.

-        Tugu Pepera di bangun untuk memperingati hari bersatunya wilayah Irian Barat/Papua dengan NKRI.

-        Tugu LB Moerdani yang di bangun oleh Pemerintah Kabupaten Merauke untuk mengenang Mayor LB Moerdani yang gugur saat akan merebut Irian Barat dari Pemerintahan Hindia-Belanda.

-        Tifa adalah alat musik khas dari Maluku dan Papua, termasuk khas Merauke juga lho ya. Bentuknya menyerupai kendang yang terbuat dari kayu dengan ukiran dan penutupnya menggunakan kulit rusa,dimainkan dengan cara dipukul.

-        Rusa merupakan termasuk hewan khas dari Merauke yang harus di jaga dan juga dilestarikan, karena saat ini hewan-hewan tersebut mulai punah/langka. Rusa juga punya banyak manfaat, contohnya daging rusa bisa dijadikan berbagai jenis masakan, selain itu dagingnya pun bisa dibuat menjadi olahan dendeng manis maupun asin.


Gimana temen-temen, sangat unik dan menarik bukan Kota Merauke?? Di mulai dari budaya dan ciri khas masyarakat Merauke, yang sangat disayangkan jika kita hanya sekedar tahu kotanya saja. Cukup sampai disini dulu ya penjelasan saya tentang Kota kecil yang indah, tentu saja Merauke. Jangan lupa main-main ke sana ya >_< .

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Komentar